orenovasi.com JASA DESAIN DAN RENOVASI TERPERCAYA DI KENDARI


KABAR TERBARU DAN TERKINI DI BERIKABAR

Kaos Kune (Kaos Kata-kata Khas Muna) EXPRESI kekayaan alam tanah Muna.


Ada yang pernah dengar kata ‘Kune’, ‘Konae’ atau Kone? Mungkin bagi kita yang bersuku Muna atau yang telah lama berdomisili di Pulau Muna dan sejirannya tidak asing dengan kata ‘Kune” ini. Belum ada referensi  tertulis yang ditemukan oleh penulis terkait dengan pemakain baku kata ‘Kune’, namun dalam dialeg sehari-hari orang Muna, kata tersebut sering digunakan untuk menyampaikan maksud kekaguman, penegasan, bela kasih, dan sebagainya. Fakta yang penulis dapatkan, di daerah rantau orang-orang Muna sering di identikkan dengan kata ‘kune’ ini. Tak jarang di daerah orang kata ini pun menjadi kata yang populer digunakan pada komunitas-komunitas kecil yang diikuti oleh orang-orang yang berasal dari Pulau Muna.
            Tulisan ini tidak bermaksud untuk membangun semangat primodial (ego suku),  apalagi sampai terburu-buru menafsirkan sejarah kata ‘kune’ dengan keterbatasan referensi. Tujuan dibuatnya tulisan ini adalah untuk memperkenalkan karya Putra daerah Muna, generasi muda Muna yaitu Kaos Kune.
            Kaos Kune adalah bentuk sumbangsi kami kepada tanah kelahiran kami, sekaligus wujud nyata dala melestarikan budaya. Maka diperlukan gerakan yang kreatif untuk kembali membangun semangat anak-anak muda Muna untuk cinta terhadap daerah dan budayanya. Dengan landasan itulah akhirnya Kaos Kune pada Tahun 2013 mulai memikirkan desain-desain kreatif untuk memproduksi baju kaos. Resmi pada tahun 2014 Kaos Kune mulai merilis beberapa produk pertamanya.
Beberapa  Kaos Kune mencoba untuk mempromosikan makanan khas dan rokok dan tempat nongkrong khas daerah. Meski terkesan ekstrim pada desain lontang namun Kaos Kune berpikir bahwa diperlukan pengabadian lewat desain baju untuk mengapresisasi salah satu tempat penghasil  Arak dan Kameko sebagai salah minuman tradisional, walaupun seiring berjalannya waktu belakangan ini, peruntukan minuman keras tersebut  lumayan meresahkan juga. Season kedua Kaos Kune mulai merambah kata-kata kritik dan gerakan pelestarian lingkungan, beberapa desain kata dipikirkan secara matang dan mendalam diantaranya adalah “Logat mu tak bisa menghianati Raha-ngmu” tujuannya untuk menyindir  mieno wuna yang bangga dengan logat daerah lain. “Bukan Baju Kekinian, tapi Baju keKunean”,” KABUTO” yang merupakan makanan khas Muna dengan penjelasan cara pembuatannya serta penggunaan pemakaian kata kabuto dalam kehidupan sehari-hari, “Save Jati Muna” desain yang di khususkan untuk menyadarkan masyarakat terkait mulai habisnya kekayaan alam tanah Muna. Sementara untuk desain Kapongke dan Kasibu (Hati Kamu) dibuat agar produk Kaos Kune lebih dinamis. Memasuki tahun 2016 Kaos Kune merilis season ketiga, yaitu Kaferebua, Kapombali, Ngeri Kune, Eksplore Pulau Muna, dan Asli orang Muna bukan Natruralisasi pastinya desainnya lebih dinamis.
Filosofi Brand
            Jika diperhatikan secara seksama, logo tersebut berbentuk kacang mente, salah satu sumber daya alam yang dimiliki daerah kita. Corak yang ada pada kacang mente sengaja dibuat tersenyum agar selalu mewakili perasaan orang-orang muna yg murah senyum. Bentuk  lingkaran pada logo kaos kune merupakan gambaran bahwa kaos kune dibentuk atas dasar persahabatan yang tak berujung karena didirikan oleh beberapa orang, Filosofi warna mempunya makna tersendiri. Pada logo kaos kune terdapat tiga warna diantaranya Coklat yang menunjukkan Persahabatan, kedamaian, produktivitas, simpel dan kerja keras. Hitam kedalaman berpikir dan Putih Menunjukkan kedamaian, Permohonan maaf, pencapaian diri, spiritualitas, kesucian, kesederhanaan, kesempurnaan, kebersihan, cahaya, keamanan, persatuan. 
Tentunya dalam berkarya Kaos Kune tidak luput dari kritikan, baik kritikan keras dari konsumen, maupun petuah-petuah dari orang-orang terdekat. Namun dibalik itu, terdapat banyak pelajaran berarti untuk terus berkaya demi daerah dan budaya. Belakangan ini sangat banyak apresiasi yang di berikan untuk Kaos Kune, baik dalam negeri seperti Jakarta, Bali, Malang, Makassar dll. Bahkan kami sangat gembira ketika apresiasi juga datang dari mino wuna yang merantau di negeri orang seperti Singapur dan Malaysia. Tapi sekali lagi seperti awal berdirinya Kaos Kune hal tersebut tidak menjadikan kami berbesar kepala. Semua kritikan, masukan dan apresiasi berupa pujian kami jadikan sebagai motivasi untuk berkarya lebih baik lagi. Barakati mieno wuna! Salam dari Muna untuk Indonesia!


PENULIS: Muhammad Farit Ode Kamaru ( CEO & FOUNDER Kaos Kune)
SHARE

ANOATIMES.COM™ Adalah Media Online Referensi Terkini Seputar Sulawesi Tenggara Di kelola Secara Independen'Bagi pembaca yang ingin berbagi informasi/berita/artikel/ide/opini/pendapat dan gagasan melalui ANOATIMES.COM™ dapat mengirimkan tulisannya melalui fanpage FB: ANOATIMES.COM. Setiap tulisan yang terbit di ANOATIMES.COM™ menjadi tanggung jawab dari Penulis. | Semua Artikel Di Publikasikan Oleh : Unknown

    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar:

  1. JOIN NOW !!!
    Dan Dapatkan Bonus yang menggiurkan dari dewalotto.club
    Dengan Modal 20.000 anda dapat bermain banyak Games 1 ID
    BURUAN DAFTAR!
    dewa-lotto.name
    dewa-lotto.org

    ReplyDelete

ANOATIMESCOM™

close

BACA JUGA BERITA TERKINI LAINNYA

JASA DESAIN & RENOVASI RUMAH DI KOTA KENDARI

JASA DESAIN & RENOVASI RUMAH DI KOTA KENDARI